Selasa, 17 November 2015

10 Tempat Wisata di Kaliurang Sleman yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Kaliurang Sleman yang Wajib Dikunjungi - Kaliurang merupakan salah satu kawasan wisata terkenal di Yogyakarta. Letaknya berada di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman; 25 kilometer dari pusat kota. Di zaman penjajahan, Kaliurang dikenal sebagai tempat peristirahatan bagi nyonya dan meneer Belanda. Selain itu, Kaliurang pun menjadi saksi bisu dari sebuah peristiwa sejarah, di mana  Notulen Kaliurang lahir pada 13 Agustus 1948 dari hasil perundingan Indonesia dan Komisi Tiga Negara.

Di masa kini, Kaliurang telah menjadi tempat favorit bagi pelancong yang ingin menikmati panorama Gunung Merapi. Karena lokasinya berada di dataran tinggi—sekitar 900 meter di atas permukaan laut—Anda tidak akan kepanasan. Suhu di Kaliurang ada di kisaran 20 sampai 25 derajat Celcius. Di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan berupa gunung, bentangan alam yang indah, dan udara segar yang jarang didapatkan di kota besar.
Jika tertarik, di bawah ini ada beberapa tempat wisata di Kaliurang yang wajib dikunjungi jika Anda berlibur ke Yogyakarta.

Tempat Wisata di Kaliurang Sleman

1. Museum Vulkanik Merapi

Museum Vulkanik Merapi

Tidak lengkap rasanya jika Anda tidak mengunjungi Museum Vulkanik Merapi. Museum ini diresmikan pada tahun 2010 dan berdiri dengan latar sang gunung berapi. Saat masuk ke museum, Anda akan disambut replika sebaran awan panas dari tiga letusan Gunung Merapi pada tahun 1969, 1994, dan 2004. Di ruangan lain, Anda juga akan menemukan tipe letusan gunung api, koleksi dari letusan-letusan tahun 2006, batuan Gunung Merapi sejak 1930, dan potret-potret sang gunung dari masa ke masa. Untuk tiket masuk, Anda hanya perlu mengeluarkan 3.000 rupiah dan 5.000 untuk tiket film. Museum Vulkanik Merapi buka dari pukul 08.00 pagi hingga 03.30 sore.


2. Wisma Doa Emalta

Wisma Doa Emalta

Ada satu objek religi bagi umat Kristen di Kaliurang yang dapat Anda kunjungi, yaitu Wisma Doa Emalta atau kerap disebut Bukit Doa Emalta. Letaknya sekitar 150 meter dari terminal Kaliurang dan dapat ditempuh dengan taksi selama 20 menit dari Bandara Adi Sucipto. Wisma ini terdiri dari 16 gua doa yang dinamai dengan nabi-nabi dalam Alkitab, serta 48 kamar doa dan satu aula berkapasitas 250 orang. Selain itu, ada menara doa Habakuk, asrama untuk tamu (laki-laki dan perempuan dipisah), serta sebuah perpustakaan yang didekasikan untuk Pendeta Damaris.


3. Taman Wisata Plawangan Turgo

Taman Wisata Plawangan Turgo

Para wisatawan yang menyukai aktivitas lintas alam wajib mengunjungi Taman Wisata Plawangan Turgo. Tempat wisata di Kaliurang ini menyuguhkan pemandangan indah berupa hutan tropis dan bebatuan hasil letusan Gunung Merapi yang sudah berusia 40.000 tahun. Selain itu, Anda juga dapat melihat wilayah yang terkena semburan awan panas pada tahun 1994 dan mengamati monyet-monyet yang tinggal di objek wisata ini.


4. Gardu Pandang

Gardu Pandang Kaliurang

Gardu Pandang ini merupakan salah satu pos pengamatan Gunung Merapi. Untuk mencapai Gardu Pandang, Anda perlu melakukan pendakikan yang cukup melelahkan selama 50 menit. Namun, setibanya di puncak bukit, rasa lelah tadi akan terbayar dengan pemandangan beruba pegunungan yang masih asri dan udara segar. Kemudian, Anda juga dapat mengamati Gunung Merapi dari Gardu Pandang. Waktu terbaik untuk melihat gunung tersebut adalah sebelum sore, karena pada saat itu kabut belum menyelimuti puncak.


5. Tlogo Putri

Tlogo Putri

Tlogo Putri merupakan tempat wisata di Kaliurang yang memadukan wisata air dan alam. Anda dan keluarga tentunya akan sangat menikmati rimbunnya pepohonan dan udara segar. Sedangkan tlogo (danau) di sini menjadi objek yang pas bagi anak-anak untuk bermain becak air atau kano. Selain itu, ada wahana lain berupa flying fox sebagai alternatif. Di Tlogo Putri juga sering diadakan pentas seni seperti canpur sari, topeng ireng, kubro siswo yang dapat dinikmati secara gratis. Anda hanya perlu mengeluarkan 2.500 rupiah perorang untuk masuk ke Tlogo Putri (belum termasuk biaya parkir).


6. Gua Jepang

10 Tempat Wisata di Kaliurang Sleman yang Wajib Dikunjungi

Di Kaliurang, ada sebuah gua peninggalan penjajahan Jepang yang cocok untuk pecinta sejarah. Dahulu, gua ini dijadikan tempat berlindung para tentara dari serangan Sekutu dan tempat tinggal sementara. Keunikan Goa Jepang terletak pada 25 pintu di dalamnya yang saling berhubungan dan kondisinya masih sama seperti dulu. Untuk mencapai gua ini dari Nirmolo Kaliurang, Anda harus trekking selama 45 menit.Jika Anda masih kuat, Anda dapat menyaksikan keindahan Gunung Merapi dari dekat dengan mengakses pertigaan antara Plawangan dan Goa Jepang. Jangan khawatir akan tersesat, karena akan ada pemandu yang siap membantu Anda.


7. Taman Bermain Anak-Anak

Taman Bermain Anak-Anak

Jika anak-anak Anda kelelahan, bawa mereka ke Taman Bermain Anak-Anak. Tempat wisata di Kaliurang ini bukan hanya menyediakan aneka jenis permainan seperti ayunan, mobil-mobilan, dan jungkat-jungkit, tetapi juga pepohonan serta udara sejuk yang dapat menenangkan pikiran. Sambil mengawasi anak-anak, Anda juga dapa menyiapkan bekal makan untuk istirahat sebagai persiapan sebelum kembali melakukan tur wisata di Kaliurang.


8. Wisata Kaliadem

Wisata Kaliadem

Tempat wisata di Kaliurang ini terletak 5 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Berlokasi di lereng selatan gunung berapi tersebut, Kaliadem dulunya merupakan tempat rekreasi yang digunakan para pelancong untuk berkemah diklat, outbound, hingga pendakian. Sayangnya, setelah erupsi besar pada tahun 2006 silam, Kaliadem menjadi tempat timbunan material letusan dari Gunung Merapi. Namun, dari hasil timbunan tersebut, muncul beberapa fenomena unik seperti batu berdengung dan pasir berdesis yang melahirkan wisata tur lava.


9. Glagaharjo


Selain Kaliadem, Galagaharjo menjadi salah satu dusun yang terkena erupsi besar Gunung Merapi pada tahun 2010 silam. Saat itu, masyarakat di dusun tersebut harus tinggal di shelter dan beberapa kembali ke rumah saat situasi membaik. Sementara bagian dusun yang rusak parah karena timbunan material gunung kini menjadi objek wisata yang diminati para turis. Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan sebuah bunker tempat berlindung dari letusan yang merenggut nyawa dua relawan.


10. Air Terjun Tlogomuncar

Air Terjun Tlogomuncar

Tempat wisata di Kaliurang ini berlokasi di salah satu lereng Gunung Merapi. Air Terjun Tlogomuncar memiliki ketinggian sekitar 30 hingga 45 meter dan berada pada ketinggian 878 meter di atas permukaan laut. Suhu di sekitar air terjun pun sangat sejuk, yaitu 20 hingga 25 derajat Celcius. Terletak 28 kilometer dari pusat kota, Anda dapat mengkasesnya dengan kendaraan beroda empat atau bis wisata. Anda hanya perlu mengeluarkan 1.500 rupiah untuk menikmati keindahan Air Terjun Tlogomuncar (belum termasuk biaya parkir).

Baca Juga :
12 Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya yang Populer

Itulah 10 tempat wisata di Kaliurang yang wajib Anda kunjungi saat bertandang ke Yogyakarta. Selain panorama indah dari deretan bukit dan pegunungan, Anda juga akan mendapatkan pengetahuan seputar aktivitas Gunung Merapi dan peninggalan-peninggalan sejarah di objek wisata tersebut. Jadi, tunggu apalagi? Siapkan budget dan bekal untuk segera bertualang di Kaliurang!


Sumber:
https://sites.google.com/site/wisataairterjun/daerah-istimewa-yogjakarta/air-terjun-tlogoputri---sleman
http://www.kompasiana.com/listyaningrum/gardu-pandang-kaliurang-tujuan-wisata-di-yogyakarta_54f91a93a3331100448b4bc7
http://wisatatour.com/?Wisata_Alam:Kaliurang
http://www.tempatwisataid.com/21/pesona-keindahan-wisata-kaliurang-yogyakarta.html
http://www.njogja.co.id/sleman/tlogo-putri-kaliurang/
http://www.initempatwisata.com/wisata-indonesia/jogjakarta/ini-6-spot-menarik-wisata-kaliurang-di-kaki-merapi-jogja/2671/
http://pelayananku.blogspot.co.id/2009/05/wisma-doa-emalta.html
https://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/other/museum-gunung-api-merapi/

10 Tempat Wisata di Kaliurang Sleman yang Wajib Dikunjungi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar