Kamis, 26 November 2015

10 Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Indah dan Menarik

Tempat Wisata Indonesia - 10 Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Indah dan Menarik - Kurang pas rasanya jika menginjakkan kaki di pulau Sumatera tanpa berkunjung ke provinsi Sumatera Utara. Medan merupakan ibu kota provinsi ini. Dengan luas wilayah mencapai 72.981,23 km2, wajar rasanya jika Anda akan banyak melihat masyarakat dari berbagai suku bangsa. Terdapat 7 suku bangsa besar di sini, yaitu Batak, Jawa, Nias, Melayu, Tionghoa, Minangkabau, Banjar dan lain sebagainya. Ragam budaya, adat, bahasa sampai dengan makanan tercipta di sini. Tentunya hal ini menjadi salah satu daya tarik tempat Wisata di Sumatera Utara.

Selain masyarakat dan budayanya, Sumatera Utara juga menyajikan tempat wisata alam. Dilalui oleh pegunungan Bukit Barisan, provinsi ini juga memiliki danau yang paling terkenal di seluruh Indonesia. Apa saja tempat wisata tersebut? Berikut kupasan habis tentang tempat wisata di Sumatera Utarayang wajib untuk Anda kunjungi.

Tempat Wisata di Sumatera Utara

1. Danau Toba

Tempat Wisata di Sumatera Utara Danau Toba
Photo credit
Belum disebut sebagai kunjugan ke Sumatera Utara jika belum mengunjungi tempat wisata legendaris ini, apalagi jika bukan Danau Toba. Memiliki panjang 100 km dan lebar mencapai 30 km membuat danau ini menjadi danau paling besar di Indonesia dan Asia Tenggara. Sumber menyatakan bahwa danau ini terbentuk dari ledakan gunung vulkanik sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu. Sedemikian dahsyat ledakannya membuat abu vulkanik gunung ini berterbangan bahkan sampai ke kutub utara. Selain itu, ledakan ini juga membunuh manusia sampai dengan 60% jumlah populasi manusia seluruh dunia pada saat itu. Cekungan hasil ledakan vulkanik tersebut akhirnya dipenuhi air tawar hingga menjadi sebuah danau.

Terletak di Parapat, Sumatera Utara, Danau Toba akan menyuguhkan pemandangan yang meyegarkan mata, perairan dengan warna awan yang mendamaikan dan pengunungan hijau yang akan membuat Anda betah untuk berlama-lama di sini. Cukup dengan waktu 3-4 jam dari Medan, Anda sudah bisa mencapainya. Fauna asli danau seperti ikan batak akan Anda temui disini.

2. Pulau Samosir

Tempat Wisata di Sumatera Utara Pulau Samosir
Tempat Wisata di Sumatera Utara Pulau Samosir
Salah satu bentukan dari aktivitas vulkanik dibawah danau Toba adalah pulau Samosir. Belum sah kunjungan Anda ke danau Toba jika belum menapaki pulau ini. Memiliki ketinggian di atas 1000 mdpl dan panorama, serta keunikan budaya yang mempesona membuat tempat wisata di Sumatera Utara ini menjadi ikon unggulan. Keunikan kuliner, budaya dan sejarah Batak yang akan membuat anda terpikat dapat ditemui di Tuktuk (pusat wisata Samosir). Untuk mencapai pulau Samosir Anda dapat menggunakan kapal feri atau jalur darat di Pangururan (daratan yang menghubungkan Samosir dengan pulau Saumatera).

3. Air Terjun Sigura-gura

Tempat Wisata di Sumatera Utara Air Terjun Sigura-gura
Air Terjun Sigura-gura
Memiliki ketinggian 250 meter membuat air terjun ini dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di Indonesia. Bersumber dari Sungai Asahan dengan hulu Danau Toba, membuat aliran air di tempat ini sangat deras. Wajar bila Anda akan banyak menjumpai banyak kompetisi rafting di sungai Sigura-gura. Meskipun demikian tak usah takut, Anda tetap akan bisa berenang di bawah air terjunnya dengan berbagai wisatawan domestik maupun asing.

4. Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Salju Panas Dolok Tinggi Raja
hanminlynn.com
Memiliki nama yang unik dikarenakan tempat wisata ini berupa bukit kapur yang putih, seperti salju dengan mata air panas bersuhu sampai dengan 90° c di tengahnya. Tempat wisata di Sumatera Utara ini berlokasi diDesa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun (akses 3-4 jam dari Medan). Anda pasti tak akan pernah membayang jika di tengah-tengah hutan dan tebing terdapat keindahan yang memukau mata. Namun pastikan jika Anda sedang berkunjung ke tempat wisata di Sumatera Utara yang satu ini, untuk membawa bekal, karena belum adanya warung ataupun tempat penginapan di sana.

5. Air Terjun Sipiso-piso

Tempat Wisata di Sumatera Utara Air Terjun Sipiso-piso
Tempat Wisata di Sumatera Utara Air Terjun Sipiso-piso
Kembali lagi jika membahas air terjun, maka Sumatera Utara tidak akan kehabisan kandidat. Terletak di  Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, air terjun ini dapat dicapai dalam waktu 2 jam dari Kabanjahe (ibu kota kabupaten Karo). Seperti namanya, piso-piso berarti pisau, bahwa derasnya air terjun ini terlihat seperti pisau. Untuk mencapainya Anda diharuskan menuruni 100 anak tangga yang berliku-liku. Jangan khawatir, Anda tak akan pernah menyesal jika sudah melihat air terjun tersebut.

6. Danau Linting

Tempat Wisata di Sumatera Utara Danau Linting
Danau Linting
Membahas danau air panas yang satu ini memang sangat menarik. Terletak di 3 desa, yaitu desa Sibunga-bunga, desa Gunung Manumpak dan desa Durian IV Mbelang yang terdapat di kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, kabupaten Deliserdang. Danau ini memiliki kedalaman yang belum bisa dipastikan, pernah dikatakan bahkan lebih dari 100 m, jadi berhati-hatilah bagi Anda yang ingin renang di sini. Warna dari danau ini adalah hijau toska dengan bau belerang dari airnya. Untuk menjangkau tempat wisata di Sumatera Utara ini Anda harus bersabar, karena meskipun hanya berjarak 2 jam dari Medan, namun jalannya banyak yang berbatu dan berlumpur. Kendati demikian Anda akan dihibur dengan pemandangan kebun kelapa sawit dan kakao yang teduh di sepanjang jalan.

7. Pulau Nias

Pulau Nias
Wisata Pulau Nias
Ingat dengan gambar pelompat batu di salah satu uang kita? Di mana lagi Anda bisa menemukan the real jumper itu kalau bukan di desa Bawomatuo, di pulau Nias. Di sana, Anda akan melihat langsung atraksi lombat batu setinggi 2 meter tersebut. Berlokasi di sebelah barat pulau Sumatera, pulau ini menyimpan sejuta pesona yang bahkan telah diakui sampai di mancanegara. Tak hanya adat dan budaya, namun juga pesona alam pantainya yang memikat hati wisatawan untuk mencoba surfing di sana.

8. Istana Maimun

 Istana Maimun
 Istana Maimun, credit
Ibu kota provinsi juga memiliki andalannya. Tak lain adalah istana Maimun yang merupakan peninggalan kerajaan Deli. Bangunan seluas 2700 m2 tersebut memiliki perpaduan gaya Melayu, Islam, Spanyol dan Italia. Layaknya dalam istana kerajaan manapun, Anda bisa menemukan peninggalan kerajaan di sini, seperti perabotan, foto ataupun senjata. Jika berkunjung ke istana ini jangan lupa untuk menyiapkan dokumentasi yang memadai, karena Anda bahkan akan melihat singgasana raja secara langsung.

9. Kampung Madras/ Kampung Keling

Kampung Madras/ Kampung Keling
Kampung Madras/ Kampung Keling
Berlokasi di antara kecamatan Medan Polonia dan Medan Petisah, kampung ini memiliki daya pikat sejarah dan budayanya. Awalnya hanya komunitas keturunan India yang mendiami kampung ini, namun kini bahkan lebih banyak keturunan Tionghoa di sini. Di sini ada kuil Hindu dan Vvihara tertua di Medan, yaitu Kuil Sri Mariamman dan Vihara Gunung Timur. Meskipun keturunan India sudah sedikit, namun Anda masih bisa menemui penjual makanan, pernak-pernik dan baju India di sana.

10. Rumah Tjong A Fie

Rumah Tjong A Fie
wisatajiwa.wordpress.com
Yang terakhir adalah rumah Tjong A Fie. Rumah ini merupakan peninggalan seorang terpandangTionghoa bernama Tjong A Fie yang meninggal tahun 1926 akibat pendarahan otak. Pada masanya, A Fie dikenal sebagai seorang pengusahayang dermawan terhadap warga sekitar tanpa membedakan etnis budaya. Bahkan sosok ini banyak membantu dalam pembuatan Istana Maimun, Gedung Balaikota Lama, masjid, gereja, kuil Budha dan Hindu. Wasiat terakhirnya adalah agar seluruh hartanya digunakan untuk membantu masyarakat sekitar dalam bidang pendidikan, ataupun kesejahteraan.

Demikian 10 daftar tempat wisata di Sumatera Utara yang wajib Anda kunjungi. Tunggu apalagi? Segera kemas koper dan siapkan diri Anda untuk menikmati pesona Sumatera Utara.

10 Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Indah dan Menarik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar