Kamis, 12 November 2015

Jalan Menuju Hutan Pinus Imogiri Bantul Jogjakarta

Jalan Menuju Hutan Pinus Imogiri - Hari minggu telah tiba, waktunya mimin jalan-jalan menelusuri sudut-sudut di kota gudeg yang kaya akan destinasi wisata. Hari itu nampak beberapa orang mengayuh sepeda dengan cucuran keringat di badanya melintasi perbukitan Dlingo. Secara perlahan handle gas saya putar hingga tibalah di sebuah tempat lapang yang berada di kiri jalan. Sudah tampak deretan motor berjejer rapi dan dua orang penjaga parkir yang menunggu pengunjung datang.  Di seberang jalan nampak deretan pohon pinus yang menjulang tinggi membatasi pandangan. Terbayang jika kabut datang, suasana di pagi itu tak ubahnya  seperti hutan di Pacific Northwest. Sebuah pemandangan yang menakjubkan yang bisa kita nikmati di ujung selatan kota Jogja.


Hutan Pinus Imogiri. begitulah orang-orang mengenal tempat yang masuk dalam kawasan Resort Pengelolaan Hutan Mangunan ini. Sebuah kawasan yang ditumbui pinus merkusii dan berada diatas makam Raja-Raja Imogiri. Meski secara administratif hutan ini tidak masuk dalam wilayah imogiri, namun banyak orang yang menyebutnya demikian. Hutan pinus ini terletak di desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Jogjakarta. Sebelum menjadi tempat hits para kawula muda, lokasi ini sebelumnya merupakan tanah tandus yang dilakukan penghijauan kembali atau reboisasi. Tak pohon jenis pinus saja, pohon jenis lainya juga ada seperti kemiri, kayu putih, mahoni hingga akasia. Pohon-pohon tersebut ditanam di lahan seluas 500 ha. Saat ini fungsi hutan di kawasan mangunan ini tidak hanya sebagai hutan lindung tetapi juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit. Suasana hutan yang masih asri dengan pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi seperti pada film twilight adalah daya tarik utamanya. Nah jika anda ingin menuju ke tempat wisata yang lagi ngehits di Jogja ini anda bisa melalui rute berikut ini:

Jalan Menuju Hutan Imogiri Bantul

  1. Dari kota jogja berjalanlah ke arah selatan hingga sampai ringroad dan kemudian melewati Jl.Imogiri timur.
  2. Ikuti jalan tersebut hingga sampai di pertigaan imogiri kemudian belok kiri arah makan raja-raja.
  3. Setelah sampai di pertigaan Sebelum makam raja-raja Imogiri, belok ke kanan arah Mangunan.
  4. Ikuti jalan tersebut hingga sampai di pertigaan kalau kekanan kebun buah mangunan, kalau lurus hutan pinus.
  5. Ambil lurus (naik) dan beberapa ratus meter kemudian akan tampak pohon-pohon pinus disebelah kanan jalan dan tempat parkiran di kiri jalan.
Setelah memakirkan kendaraan, anda bisa langsung masuk ke hutan pinus yang saat ini belum di tarik retribusi masuk. Tampak batang pinus yang menjelma menjadi tempat duduk sederhana dan disela-sela ranting terlihat matahari mulai mengintip. Suasana hutan pinus mangunan ini disebut-sebut seperti hutan yang ada di Forks dan Evergreen State yang menjadi lokasi favorit untuk syuting film Hollywood. Para penggila selfie dan pecinta fotografi, menjadikan tempat ini pemuas "nafsu" mereka. Bagi anda yang suka dengan dunia outdoor, jangan lupa untuk membawa hammock. Menikmati suasana hutan diatas ayunan hammock tentu menjadi hal yang mengasikan. 

Kini anda sudah tahu jalan menuju hutan pinus imogiri. So, tunggu apalagi abadikan keceriaanmu bersama teman ataupun keluarga di ujung selatan kota jogja ini. Waktu yang asik untuk datang kesini sebenarnya adalah di sore hari. Pasalnya disini juga terdapat gardu pandang sederhana yang menyerupai rumah pohon. Jadi anda bisa menikmati sang mentari kembali ke peraduanya dari atas kota Jogja. Sunggu menjadi akan menjadi pemandangan yang menarik bukan?

Jalan Menuju Hutan Pinus Imogiri Bantul Jogjakarta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar