Senin, 02 November 2015

Melihat Dari Dekat Surga Keindahan Alam Danau Sentani

Keindahan Alam Danau Sentani - Papua. Perjalanan ke Papua bisa sangat menyenangkan dengan berkunjung ke Danau Sentani, danau ini memiliki pemandangan yang indah di atas kilauan air, Danau Sentani terdapat di Provinsi Papua dan lebih tepatnya terletak di dekat Jayapura, ibu kota Papua.

Keheningan air akan membuat kamu merasa damai seperti berada di surga. Dengan merangkul Pegunungan Cyclops di sebelah utara dan tumbuhan subur sebagai latar belakang yang indah dan melindungi 24 desa yang bertengger sekitar danau menjadikan danau ini sangat indah dan unik. Orang-orang di sini ramah dan kreatif, hasil kerajinan tangan mereka merupakan yang terbaik di tanah Papua.

Danau Sentani indah dan unik

Sunset Danau Sentani
Sumber : blogdetik.com

Danau Sentani dan sekitarnya dahulu merupakan tempat pelatihan untuk pendaratan pesawat amfibi. Landasan ini dibangun oleh Jepang yang kemudian diambil alih oleh Angkatan Darat AS pada tahun 1944. Legenda perang Amerika, Jenderal McArthur dikatakan pernah tinggal di danau dan di 22 pulau di dalamnya.

Hidup sebagai nelayan dan lokasinya yang dekat dengan ibu kota provinsi, adalah alasan mengapa sebagian besar penduduk sekitar danau terbuka pada pengunjung. Rumah panggung dengan kolam dan jaring adalah pemandangan umum di danau. Danau ini merupakan rumah bagi setidaknya 33 jenis ikan, yang hampir separuh dari mereka adalah asli danau ini.

Fenomena Danau Sentani sendiri adalah ikan hiu gergaji (Pristis Microdon) yang merupakan ikan asli danau ini, namun kini diperkirakan sudah punah. Ikan ini merupakan salah satu ornamen adat pada kerajinan kayu Sentani.

Akses Transportasi Danau Sentani

Danau Sentani dapat dicapai dengan berkendara selama sekitar 30 menit ke arah barat dari kota Jayapura. Bandara Sentani, terletak sekitar 40 kilometer (25 mil) dari Jayapura. Sebagai ibu kota provinsi yang luas, Jayapura juga terhubung dengan kota-kota besar di Indonesia baik melalui udara dan laut.

Kamu dianjurkan untuk selalu memeriksa detail penerbangan kamu. Di luar bandara, minibus menunggu penumpang untuk pergi ke Jayapura. Harga bervariasi jadi pastikan kamu setuju dengan harganya sebelum kamu naik.

Maskapai Garuda Indonesia terbang ke Biak, Makassar, Surabaya, dan Jakarta setiap hari, juga terbang pada hari tertentu ke Sorong, Manado, Denpasar-Bali, dan Ambon. Informasi lebih lanjut tersedia di kantor Garuda di Jalan Percetakan No. 2. Telepon +62 967 21220.

Tips berwisata Danau Sentani

  1. Kalau kamu bertujuan untuk berlibur ke Danau Sentani, ada baiknya jika kamu menginap di salah satu penginapan yang berada di pulau-pulau kecil di tengah Danau Sentani. Ada banyak hotel di sentani Jayapura sehingga untuk mencari penginapan kamu tidak perlu bingung. Dengan begitu, jika hari ini kamu belum puas dan akan melanjutkan aktivitas kamu esok hari, maka tidak perlu repot bolak-balik antara penginapan kamu dan Danau Sentani ini.
  2. Lebih asyik lagi kalau kamu pergi liburan ke lokasi wisata danau sentani ini pada saat pertengahan tahun, atau pada bulan juni, karena suatu menjadi kebiasaan adat warga Papua setiap tahunnya pada bulan juni, akan di adakan sebuah festival budaya yang disebut Festival Budaya Danau Sentani. Nah, disana kamu bisa menikmati berbagai jenis makanan khas Papua, bisa dibilang seperti ada bazar jajanan pasar selama festival itu berlangsung. Jadi disarankan untuk memesan tiket pesawat ke papua pada jauh-jauh bulan sebelum pertengahan tahun, sehingga bisa mendapatkan harga atau promo tiket pesawat yang murah.
  3. Jangan lupa untuk pergi ke Pasar Hamadi yang merupakan pasar terbesar di kota Jayapura dan juga merupakan pusat penjualan oleh-oleh ini, nah disana kamu bisa membeli berbagai macam olah-oleh khas Jayapura dengan harga yang beragam tentunya mulai dari barang hingga makanan, jika kamu  pandai menawar maka kamu bisa mendapatkan harga yang cocok, jadi kalau mau belanja sebaiknya ajak rekan kamu yang pintar dalam tawar menawar ya.
Demikian sekilas informasi seputar keindahan alam Danau Sentani, semoga informasi bisa menambah wawasan bagi kamu tentang tempat-tempat wisata Indonesia atau lokasi wisata di Indonesia yang menarik dan wajib untuk dikunjungi jika kamu sedang berlibur di Provinsi Papua.

Jangan lupa beri KOMENTAR dan klik tombol LIKE atau SHARE jika artikel berikut ini bermanfaat dan layak untuk disebarkan sebagai informasi yang berguna kepada teman kamu.

Sumber foto dan informasi :
  1. Blogdetik

Melihat Dari Dekat Surga Keindahan Alam Danau Sentani Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar