Senin, 02 November 2015

Melihat Indahnya Alam Bawah Laut Kepulauan Derawan

Jelajah Bawah Laut Kepulauan Derawan Kalimantan Timur. Tulisan kali ini berkaitan tentang topik wisata bahari atau keindahan panorama bawah laut. Dimana Indonesia sebenarnya banyak sekali menyimpan potensi kekayaan yang tidak hanya dari sumber daya alam seperti minyak, gas bumi, dll melainkan juga potensi akan pariwisata.

Salah satunya potensi dunia pariwisata tersebut berada di daerah Kepulauan Derawan. Kepulauan dengan ekosistem terumbu karang yang masih alami dan tak kalah menakjubkan dengan pemandangan biota laut di Selat Lembeh.

Beberapa informasi berkaitan dengan obyek wisata Kepulauan Derawan dihimpun dari beberapa sumber data informasi dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Dinas Pariwisata Kalimantan Timur dan hasil reportase sobat travelholic sesama penggiat wisata terutama wisata yang ada di Indonesia.

Keindahan bawah laut Kepulauan Derawan

Sunrise di Derawan
Sumber : @Thaliq Anshari

Informasi wisata Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan merupakan tempat wisata yang sempurna dan istimewa di kawasan Indonesia Tengah. Sinar mentari yang hangat berpadu dengan panorama pantai pasir putih yang halus, laut dengan air berwarna hijau kebiruan, dan pohon kelapa yang melambai membuat daerah ini mempunyai panorama yang sempurna. Kehidupan bawah laut di sana juga sangat luar biasa di mana Anda dapat menemukan lumba-lumba, kura – kura raksasa, ubur – ubur stingless, duyung barakuda, dan lumba-lumba.

Ikan hiu di wilayah ini adalah salah satu makhluk yang sangat berharga. Dengan memiliki keanekaragaman bawah laut tidak mengherankan jika Derawan dinobatkan sebagai salah satu destinasi wisata menyelam terbaik dunia.

Sekilas tentang : Kepulauan Derawan

peta kepulauan derawan
Sumber : www.google.com

Terletak tidak jauh dari wilayah daratan Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, kepulauan ini terdiri atas 31 pulau. Pulau yang paling populer antara lain adalah Pulau Sangalaki, Derawan, Maratua, dan Kakaban. Di sana terdapat kura – kura hijau langka dan penyu sisik. Para wisatawan dapat melihat penyu bertelur di pasir atau bahkan berenang di laut bersama dengan kura – kura. Total wilayah laut konservasi ini memiliki luas 1,27 hektar.

Kepulauan Derawan merupakan bagian dari ekoregion Laut Sulu-Sulawesi yang melintasi Indonesia, Malaysia dan Filipina. Ekoregion ini terletak dipusat Kawasan Segitiga Karang Dunia dengan keanekaragaman hayati karang tertinggi didunia. Segitiga Terumbu Karang ini disebut juga “The Coral Triangle” karena menjadi episenter kehidupan laut yang memiliki keragaman jenis biota laut. Terumbu karang dikawasan ini mencakup 53 % terumbu karang dunia. Bahkan berdasarkan penilitian yang dikembangkan, Kepulauan Derawan merupakan salah satu Multi Countries Fedding Ground terpenting didunia.

Daya tarik wisata Kepulauan Derawan

Ketika berkunjung ke sana, Ada bisa melihat setidaknya ada 460 jenis karang. Jumlah ini adalah terbanyak kedua setelah kepulauan Raja Ampat, Papua. Di wisata Derawan, terdapat lebih dari 870 macam ikan mulai ikan pari manta raksasa hingga kuda laut kerdil. Dalam beberapa hari sekali, sekelompok ikan pari manta muncul dalam jumlah banyak bahkan hingga 50 ekor.

aktifitas di pulau kakaban
Aktivitas di Pulau Kakaban

Di wilayah Kakaban, Anda bisa menjumpai danau ubur – ubur paling beragam dan terbesar di dunia termasuk 4 spesies ubur – ubur stingles yang berenang terbaik. Oleh sebab itulah tidak heran jika Kakaban dinobatkan dalam nominasi situs warisan dunia oleh UNESCO.

Kepulauan Derawan Kalimantan Timur mempunyai beberapa spesies unik dan langka di antaranya adalah ikan paus, kepiting kelapa, duyung, dan lumba – lumba. Kepiting kelapa banyak ditemukan di dekat Maratua dan Kakaban. Sedangkan lumba – lumba dan paus biasanya dijumpai hanya pada bulan – bulan terentu di Samama, Kakaban, Maratua, dan Sangalaki. Duyung berenang di wilayah perairan Pulau Semama dan Pulau Panjang. Kuda laut kerdil dapat dijumpai di sekitar Derawan dan Semama.

Kegiatan yang bisa anda lakukan di Kepulauan Derawan

Kegiatan yang bisa dilakukan Kepulauan Derawan
Salah satu kegiatan di Kepulauan Derawan - Copyright @Jonathan Lin

Aktivitas populer yang dilakukan wisatawan saat berlibur wisata Derawan adalah menjelajah dunia bawah laut entah itu dengan menyelam atau hanya sekedar snorkeling. Anda dapat menikmati hamparan pasir putihnya di Gosong yang berjarak hanya 5 menit dari wisata Derawan. Jika ingin menyelam, Anda dapat menghubungi Derawan Dive Lodge untuk harga dan tipenya (rates).

Di Derawan terdapat 28 titik penyelaman. Setidaknya Anda memerlukan waktu 10 hari untuk menjelajahi (Derawan tour) semua tempat menakjubkan di kepulauan ini.

Fasilitas penginapan yang tersedia di Kepulauan Derawan

Di Pulau Derawan ini terdapat banyak hotel dan resort, salah satunya Derawan Dive Lodge, resort yang berstandar internasional dengan fasilitas yang memadai. Resost ini menyediakan fasilitas cottage untuk menginap. Fasilitas penyelaman, snorkeling, banana boat, kano, perahu layar, restaurant, café, dsb. Fasilitas lengkap inilah yang menambah kepuasan saat berlibur ke Pulau Derawan.

fasilitas yang ada di kepulauan derawan
Sumber : www.derawandivelodge.com

Selain itu ada juga hotel-hotel dan penginapan serta homestay di rumah penduduk yang biaya sewanya lebih murah. Fasilitas pendukung lainnya, seperti rumah makan dan toko aksesoris juga cukup lengkap di pulau ini. Menikmati panorama laut dan pantai disertai dengan keramahan penduduk setempat (suku bajau) merupakan daya tarik utama dari Pulau Derawan.

Transportasi untuk menuju Kepulauan Derawan

transportasi via pesawat ke kepulauan derawan
Sumber : www.google.com

Terdapat dua pilihan jalur akses untuk menuju Kepulauan Derawan. Akses ke Kepulauan Derawan bisa menggunakan jalur darat dan jalur udara.

Rute jalur darat

Rutenya: Palangkaraya –> Banjarmasin -> Balikpapan -> Samarinda -> Tanjung Redeb -> Tanjung Batu -> Pulau Derawan.

Rincian Biaya :

Banjarmasin-Samarinda (Bus) = Rp. 120.000-150.000

Samarinda – Tanjung Redeb (Travel semacam mobil Avanza)= Rp. 275.000-300.000

Tanjung Redeb – Tanjung Batu (Travel semacam mobil Avanza) = Rp. 100.000

Tanjung Batu – Pulau Derawan (Speedboat) = Rp. 100.000

Rute jalur udara

Untuk via udara menuju ke Kepulauan Derawan bisa dari kota asal, ada banyak pilihan penerbangan yang menuju Balikpapan, kemudian dari Balikpapan bisa melalui dua cara, yaitu lewat Berau atau lewat Tarakan. Kedua cara ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing masing. Yang lewat Tarakan kelebihannya adalah lebih murah dan lebih banyak pilihan penerbangannya dari pada melalui Berau.

Namun yang dari tarakan lebih jauh jalur lautnya untuk menuju Pulau Derawan dan tidak ada speedboat reguler atau untuk umum, sehingga harus menyewa sendiri. Lewat Tarakan lebih mudah bagi yang berangkat secara rombongan.

Sedangkan dari Berau lebih mudah bagi yang sendiri karena ada banyak mobil travel umum menuju Tanjung Batu dan Speedboat umum menuju Pulau Derawan. Beberapa maskapai yang melayani penerbangan Balikpapan ke Berau dan sebaliknya adalah Sriwijaya Air, Wings Air, Kalstar, Garuda Indonesia. Untuk harga bervariasi tergantung musim dan maskapai, silahkan cek di masing-masing web untuk membandingkan harga.

Transportasi untuk menuju Kepulauan Derawan
Pangkalan Tanjung Redeb - Copyright www.backpakerborneo.com

Tips berwisata di Kepulauan

  1. Jika anda berminat untuk mengunjungi Kepulauan Derawan, usahakan mengajak banyak teman atau paling sedikit 5 orang. Hal ini bertujuan untuk sharing cost sewa speedboat terutama jika rute yang anda ambil rute akses dari tarakan.
  2. Ketika anda memutuskan untuk melakukan jelajah Kepulauan Derawan, disarankan untuk wajib mengunjungi empat pulau yaitu Pulau Derawan, Pulau Maratua, Pulau Sangalaki, dan Pulau Kakaban.
  3. Usahakan memiliki alat snorkeling sendiri sehingga bisa menghemat pengeluaran.
  4. Penginapan paling Murah di Palau Derawan adalah Penginapan Ilham, itupun tarifnya Rp. 100.000 dan Homestay lain paling murah Rp. 150.000.
  5. Dari luar Kalimantan bisa mengambil penerbangan menuju Balikpapan dan kemudian dilanjutkan dengan Jalur Darat menuju Berau.
  6. Bagi yang mempunyai waktu sedikit bisa langsung mengambil pesawat menuju Tarakan atau Berau.
  7. Kalau anda sendirian atau cuma berdua lebih baik mengambil penerbangan yang menuju Berau, karena ada transportasi umum menuju Pulau Derawan
  8. Berbeda dengan anda yang berangkat rombongan lebih baik mengambil penerbangan menuju Tarakan karena biasanya lebih murah dan bisa langsung menyewa speedboat menuju Pulau Derawan.
  9. Bawalah uang tunai karena tidak ada ATM di Pulau Derawan.
  10. Nikmati sensasi berenang di dalam mangkok cendol di Danau Kakaban, dan jangan memakai fin agar tidak melukai tubuh ubur-ubur yang rapuh.
  11. Bawalah kembali sampah ke pulau utama dan buanglah di tempat sampah agar tidak merusak keindahan pulau-pulau cantik itu.
  12. Pakailah pelampung ketika snorkeling agar ada beristirahat ketika capek dan tidak menginjak karang.
  13. Bagi yang jalan sendiri atau berdua lebih baik gabung dengan open trip atau trip gabungan yang sudah ada untuk menghemat biaya sewa mobil dan speedboat.
  14. Pergunakanlah sunblock saat anda sedang beraktifitas karena cuaca dan sinar matahari cukup menyengat di kulit.
NB : Perkiraan harga diatas sewaktu-waktu bisa berubah

Contact person layanan jasa di Kepulauan Derawan

Pemandangan Kepulauan Derawan
Pemandangan Kepulauan Derawan - Copyright @Thaliq Anshari

  1. Travel Samarinda-Berau : 081347257555 / 082149128933
  2. Adi (081250280806), Travel Berau – Tanjung Batu
  3. Bapak Sanusi (081346538448), pemilik Sari Cottage dan beberapa speedboat
  4. Pak Usman (081347807078), Penginapan Ilham
  5. Hendrik (081346531978), sewa speedboat
  6. Pak Heru (081346562765), untuk penginapan Derawan Beach Cafe & Cottage
  7. Pak Kadek (08134621782), Danakan Dive Center, dari sewa mobil, sewa speedboat, penginapan sampai dive trip.
  8. Maratua Paradise Resort 082157169229 atau 085246585368 (Ilsam)

Topik terkait wisata Kepulauan Derawan

  1. paket wisata derawan murah
  2. paket wisata derawan 2015
  3. wisata pulau derawan murah
  4. wisata pulau derawan
  5. paket wisata ke derawan
  6. wisata ke pulau derawan
  7. paket wisata pulau derawan murah
  8. wisata derawan
  9. objek wisata pulau derawan
  10. paket wisata ke derawan dari balikpapan
  11. Resort kepulauan derawan
Demikian informasi seputar tentang keindahan bawah laut Kepulauan Derawan, semoga informasi bisa menambah wawasan bagi anda tentang tempat-tempat wisata Indonesia, lokasi wisata di Indonesia dan keanekaragaman satwa atau fauna di Indonesia yang menarik dan wajib untuk dikunjungi jika anda sedang berlibur di Provinsi Kalimantan Timur

Jangan lupa beri KOMENTAR dan klik tombol LIKE atau SHARE jika tulisan berikut ini bermanfaat dan layak untuk disebarkan sebagai informasi yang berguna kepada teman anda.

Sumber foto dan informasi:
  1. Backpakerborneo.com
  2. Kementerian Pariwisata Republik Indonesia
  3. Dinas Pariwisata Kalimantan Tmur

Melihat Indahnya Alam Bawah Laut Kepulauan Derawan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar