Sabtu, 07 November 2015

Semanggi Surabaya Kuliner Khas Surabaya Dan Cara Membuatnya

Semanggi Surabaya - kuliner khas Surabaya. Makanan yang satu ini menggunakan bahan baku dasar berupa daun semanggi. makanan semanggi sudah sangat jarang ditemukan, karena kelangkaan bahan bakunya.

Daun semanggi sendiri termasuk dalam jenis tamanan paku air yang biasa kita temui di pematang sawah dan saluran irigasi. Daun semanggi yang bernama ilimah "Marsilea Crenata diketahui mengandung beberapa sat penting yang bermanfaat untuk mencegaf ostreoporosis dan menopause.

Makanan semanggi Surabaya khas surabaya ini disajikan dengan wadah berbahan daun pisang (pincuk), kemudian dalam wadah tersebut daun semanggi dan kecambah disiram dengan bumbu ketela rambat dan sambal cabe rawit yang pedas. Dan untuk menambah rasa yang semakin makyus, dapat pula disertai dengan kerupuk uli. Kerupuk uli atau lebih dikenal sebagai kerupuk nasi adalah kerupuk yang terbuat dari nasi dengan penambahan garam dan cetitet lalu ditumbuk halus.

Cara Membuat Semanggi Surabaya di Rumah

Makanan semanggi Surabaya khas surabaya

Bahan dan Resep

Bahan dasar :

  • 100 gr daun semanggi
  • 50 gr tauge
  • 100 gr kerupuk puli,goreng

Bahan bumbu

  1. 50 gr ubi, rebus
  2. 50 gr kacang tanah, goreng
  3. satu ruas kencur
  4. 2 siung bawang merah, sangrai
  5. 1 siung bawang putih, sangrai
  6. 20 gr gula merah, sisir
  7. Petis secukupnya

Cara mengolah makanan semanggi Surabaya :

  1. Rebus daun semanggi dan tauge lalu tiriskan.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih dan gula merah. Haluskan pula ubi dan kacang tanah secara terpisah. Campurkan bawang merah,kencur, bawang putih, ubi dan kacang tanah. Tambahkan sedikit air dan petis. Bubuhkan garam. Aduk rata.
  3. Cara menyajikan: siramkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi ke atas rebusan daun semanggi dan tauge. Bila suka dapat ditambahkan sambal.
Demikian sekilas informasi seputar masakan semanggi kuliner khas Surabaya, semoga informasi bisa menambah wawasan bagi anda tentang tempat-tempat wisata Indonesia atau lokasi wisata di Indonesia yang menarik dan wajib untuk dikunjungi jika anda sedang berlibur di Provinsi Jawa Timur atau Kota Surabaya.

Jangan lupa beri KOMENTAR dan klik tombol LIKE atau SHARE jika artikel berikut ini bermanfaat dan layak untuk disebarkan sebagai informasi yang berguna kepada teman anda.

Semanggi Surabaya Kuliner Khas Surabaya Dan Cara Membuatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar